terdapat tahi lalat, kutil, atau pun benjolan lain di tubuh.

Jika terdapat tahi lalat, kutil, atau pun benjolan lain di tubuh. Sebaiknya periksakan dan pastikan terlebih dahulu ke dokter, apakah benjolan tersebut termasuk tumor jinak atau tumor ganas. Jika ada hal yang mencurigakan dokter akan melakukan pemeriksaan Biopsi dengan mengambil sedikit kulitnya atau setelah tindakan jika benjolan itu tidak dihilangkan maka akan diperiksa oleh spesialis patologi anatomi di bawah mikroskop untuk memastikan apakah tumornya merupakan tumor jinak atau tumor ganas.

Setelah itu dokter baru bisa menentukan terapi/tindakan apa yang dapat dilakukan, ada beberapa terapi tergantung jenis benjolan tersebut. Untuk tahi lalat dapat dilakukan terapi seperti berikut :

1. Tindakan bedah (tergantung dengan ukuran benjolannya)
2. Tindakan laser

Tetapi sulit untuk hilang 100% apalagi jika tahi lalatnya besar dan dapat berisiko untuk tumbuh lagi.

Untuk kutil dapat dilakukan terapi seperti berikut :
1. Tindakan bedah
2. Tindakan laser
3. Tindakan cauter

Sama seperti tahi lalat, jika sudah dihilangkan kutil tetap memiliki risiko untuk tumbuh kembali apalagi karena faktor genetik dan resik melakuak aktivitas outdoor yang terpapar sinar matahari secara langsung.

Apabila kutil karena faktor paparan sinar matahari atau usia dapat diminimalisir dengan pemakaian tabir surya dan pelembab agar kulit tidak kering dan tidak akan menyebabkan gatal.

__????????????????????????????????????????
Dermatologist You Can Trust??
Stay Safe and Healthy??
__????????????????????????????????????????

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!