Penyebab Jerawat Muncul saat Pubertas

Pubertas dapat menyebabkan jerawat dan cara mengatasinya, tetapi jerawat pada kulit sering dikaitkan dengan masa puber karena sebagian besar remaja berusia 10 hingga 13 tahun alias yang tengah mengalami pubertas sering mengalami masalah kulit ini.

Hormon tubuh mengalami perubahan selama masa pubertas. Ingatlah bahwa salah satu alasan munculnya jerawat pada permukaan kulit adalah perubahan hormon yang terjadi selama masa puber. Hal itu kemudian menyebabkan kelenjar minyak mengeluarkan lebih banyak sebum daripada yang diperlukan kulit, yang menyebabkan jerawat.

 

Alasan Jerawat Muncul saat Pubertas

Ada empat keadaan umum yang dapat menyebabkan jerawat di kulit, antara lain:

  • Produksi sebum berlebih, zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering, tetapi terlalu banyak sebum dapat menyebabkan jerawat.
  • Perubahan hormon, termasuk yang terjadi pada remaja. Produksi hormon yang berlebihan, seperti testosteron dan androgen, dapat menyebabkan jerawat.
  • Ada sumbatan pada folikel rambut, yang biasanya disebabkan oleh campuran sebum dan sel kulit mati.
  • Penyebaran bakteri. Bakteri Propionibacterium acnes, yang dapat berkembang dan menyumbat folikel rambut, menyebabkan jerawat juga.

Masa pubertas dan jerawat tampaknya menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Namun, sebagian besar remaja akan menghentikan masalah jerawat mereka sendiri setelah mereka berusia dua puluh tahun. Namun, pada beberapa kasus, jerawat dapat bertahan lebih lama, terutama pada wanita dan orang dengan kulit berminyak, karena kondisi kulit berminyak adalah penyebab jerawat yang paling mudah muncul.

 
Jika Anda memiliki masalah kulit atau ingin kulit kalian menjadi cantik, Anda bisa kunjungi Surabaya Skin Centre untuk mendapatan perawatan dan penanganan yang tepat bagi kulit Anda
 
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:
> 031-599 9595
> 0822 6122 9595 (WA Only)
Atau bisa langsung kunjungi Surabaya Skin Centre di Jln. Prof. Dr. Moestopo No. 175, Surabaya

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!