Penyabab Gatal Di Kulit Kepala

Kulit kepala gatal sering kali dikaitkan dengan ketombe. Padahal, faktanya tidak selamanya demikian. Kulit kepala gatal juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lainnya, termasuk penyakit tertentu.

Ketombe

Ditandai dengan serpihan putih pada rambut dan pakaian, kulit kepala kering dan gatal. Hal ini dapat diobati dengan penggunaan shampoo khusu ketombe.

Reaksi Terhadap Produk Perawatan Rambutan

Dapat terjadi karena sisa shampoo saat membilas, reaksi alergi atau iritasi akibat shampoo, conditioner atau produk rambut lainnya. Jika hal ini terjadi segera hentikan pemakaian produk dan segera konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Biduran

Ditandai dengan bentol-bentol merah dan gatal, dapat terjadi pada kulit manapun di seluruh tubuh termasuk kulit kepala. Biduran dapat membaik dengan menghindari pemicu alergi. Apabila menetap, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Kutu Rambut

Kutu rambut dan telurnya dapat menyebabkan rasa gatal pala kulit kepala. Untuk menghilangkan kutu rambut dpat menggunakan produk pengobatan khusus kutu pada kulit rambut.

Skabies

Merupakan tungau kecil yang dapat ditemukan pada kulit kepala dan ditemukan pada kulit kepala dan menyebabkan gatal terutama pada malam hari. Untuk mengobatinya berobatlah ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Jamur Kulit Kepala

Infeksi jamur dapat menyebabkan rasa gatal hebat, timbul lesi kulit kemerahan hingga benjolan bernanah disertai kerontokan atau kebotakan. Jamur kulit dapat diobati ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Psoriasis

Pada sekitar 50% pasien psoriasis dapat timbul lesi padakulit kepala, ditandai ruam menimbulkan kemerahan bersisik putih tebal keperakan.

Eksim Atopik

Dapat terjadi pada kulit kepala, ditandai dengan ruam kemerahan berisik yang gatal dan atau rasa terbakar. Eksim atopik dapat ditangani dengan penanganan yang tepat, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!