Kenapa Komedo Bisa Menyerang

Komedo adalah benjolan kecil di pori-pori kulit yang menjadi awal timbulnya jerawat. Komedo paling sering terlihat di wajah, meski bisa juga muncul di bahu, dada, punggung, atau lengan.

Ada dua jenis komedo: komedo hitam dan komedo putih. Komedo putih memiliki permukaan berwarna putih yang ditutupi oleh lapisan kulit. Sedangkan permukaan komedo yang terbuka dan terkena udara menyebabkan ronanya berubah menjadi coklat atau hitam.

 

Penyebab Komedo Menyerang Wajah

Ketika sel kulit mati dan minyak menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit, timbullah komedo. Kelenjar minyak (sebum) di pori-pori menghasilkan minyak itu sendiri. Kerentanan seseorang terhadap komedo dipengaruhi oleh beberapa variabel, antara lain:

- Kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti asupan tinggi gula, gandum, dan keju

- Meningkatnya jumlah mikroorganisme pada permukaan kulit akibat buruknya kebersihan kulit atau melemahnya imunitas tubuh

- Iritasi pada pori-pori kulit, misalnya akibat terlalu sering mencuci muka, serta efek buruk dari peeling atau terapi sinar laser

- Perubahan hormonal, seperti yang terjadi pada masa pubertas dan menstruasi, menyebabkan peningkatan produksi minyak.

- Menggunakan obat-obatan tertentu, seperti kortikosteroid

- Kulit menjadi terlalu basah, baik karena penggunaan pelembap pada permukaan kulit maupun karena udara yang terlalu lembap.

- Paparan bahan kimia dari barang kosmetik, seperti isopropil miristat atau propilen glikol

- Konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula dan lemak.

- Kebiasaan merokok

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!