Kebiasaan yang Menyebabkan Bruntusan Tanpa Disadari

Salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan seseorang adalah bruntusan. Kondisi ini ditunjukkan dengan wajah yang kemerahan dan kulit yang kasar. Ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan masalah wajah.

 

Kebiasaan Penyebab Bruntusan

Ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari agar wajah tidak bruntusan, seperti:

  • Mencuci wajah secara berlebihan
    Orang-orang yang sering berada di luar rumah mungkin merasa mereka perlu mencuci muka lebih sering. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu dan bakteri yang menempel di wajah. Namun, mencuci wajah terlalu sering akan mengurangi minyak pelindung alami wajah dan menghasilkan lebih banyak minyak sebagai reaksi. Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi dan membuat kulit lebih sensitif, membuatnya lebih rentan terhadap pertumbuhan jerawat. Untuk menghindari bruntusan yang mengganggu penampilan, sebaiknya cuci wajah Anda hanya dua kali sehari, yaitu pagi dan malam.
  • Menggosok wajah secara berlebihan
    Beberapa orang berusaha menggosok kulit wajah mereka dengan lebih keras karena mereka ingin wajah mereka benar-benar bersih. Meskipun demikian, metode ini dapat merusak lapisan atas kulit, menyebabkan penumpukan minyak sebagai reaksi dari iritasi. Jika masalah ini dibiarkan, jerawat akan semakin buruk dan mungkin menyebabkan bruntusan. Untuk membersihkan wajah dengan benar, oleskan pembersih jerawat ke tangan dan gunakan ujung jari untuk menggosoknya dengan lembut.
  • Membiarkan gadget kotor
    Saat layar ponsel digunakan untuk menelpon, mungkin terkena debu, minyak, atau keringat. Layar ponsel meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri di wajah jika tidak sering dibersihkan. Oleh karena itu, jika perlu menggunakan earphone untuk menghindari penempelan layar ke wajah, pastikan layar ponsel selalu dibersihkan setelah digunakan. Selain itu, memegang ponsel di pipi dapat menyebabkan iritasi wajah.
  • Menggunakan handuk yang terkontaminasi
    Handuk lembap dan dapat menampung kotoran, jadi jika Anda terus menggunakannya setiap hari tanpa dicuci setelah beberapa hari, kotoran pasti akan menempel di wajah Anda. Bakteri dan kotoran dapat kembali ke tubuh jika handuk kering. Menepuk-nepuk kulit adalah cara terbaik untuk menggunakannya, terutama pada wajah.
  • Selalu memencet jerawat
    Beberapa orang sangat ingin memencet jerawat mereka agar cairannya keluar. Meskipun demikian, tindakan ini dapat menyebabkan lebih banyak minyak dan kotoran masuk ke pori-pori lebih dalam, menyebabkan bruntusan menjadi lebih parah. Untuk mengobati jerawat yang tumbuh dengan benar, hanya profesional yang dapat melakukannya. Ini akan memungkinkan penanganan yang tepat dan pengobatan untuk mengurangi peradangan.

 

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

> 031-599 9595

> 0822 6122 9595 (WA Only)

Atau bisa langsung kunjungi Surabaya Skin Centre di Jln. Prof. Dr. Moestopo No. 175, Surabaya

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!