Ini Nih Penyebab Flek Hitam Di Wajah

Jika bintik hitam muncul pada wajah, lengan, bahu, dan area tubuh lainnya, itu disebut flek hitam. Flek hitam dapat muncul pada setiap orang, tetapi orang berusia paruh baya lebih rentan mengalaminya. Selain itu, bintik-bintik ini lebih mudah dilihat dan lebih sering muncul pada orang dengan kulit cerah. Sementara kondisi ini tidak berbahaya, masalah kulit ini seringkali sulit dihilangkan.

 

Kenapa Flek Hitam Bisa Terjadi

Ketika melanin memproduksi melanosome secara berlebihan dapat mengakibatkan flek hitam, yang membuat pigmen kulit menjadi lebih gelap. Ketika bintik hitam ini terkena sinar matahari, mereka akan menjadi lebih gelap. Selain paparan sinar matahari, flek hitam juga dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Eksposur terhadap sinar ultraviolet
    Pemaparan sinar ultraviolet dari tanning bed dan matahari sering menjadi penyebab utama flek hitam. Salah satu faktornya adalah hiperpigmentasi di usia paruh baya. Akibat paparan sinar matahari, flek hitam pada kulit yang muncul di usia paruh baya biasanya lebih mudah muncul. Apabila orang tidak pernah menggunakan tabir surya atau pelindung sinar matahari, risiko meningkat.
  • Faktor-faktor lingkungan
    Faktor geografis juga dapat menyebabkan flek hitam muncul. Disebabkan oleh sifat melanin yang dapat menyerap sinar matahari dan menghalangi radiasi ultraviolet, orang-orang yang hidup di sekitar garis khatulistiwa cenderung memiliki lebih banyak melanin daripada orang lain, yang menyebabkan kulit mereka lebih gelap.
  • Genetik
    Flek hitam juga dapat disebabkan oleh bawaan genetik. Orang-orang dengan kulit cerah dan rambut pirang atau merah adalah yang paling sering mengalami kondisi ini. Orang tua juga mungkin memiliki flek hitam. Bintik-bintik ini disebut spot liver atau sunspot.
  • Kondisi khusus
    Flek hitam juga lebih umum dialami oleh orang-orang dengan kondisi tertentu. Ibu hamil, tumor hipofisis, hemokromatosis, penyakit Addison, dan penyakit hati biasanya lebih rentan mengalami masalah kulit ini.
  • Gangguan kulit
    Hiperpigmentasi, melasma, Linea nigra, Melanosis Riehl, Poikiloderma of Civatte, dan erythromelanosis adalah beberapa penyakit kulit yang dapat menyebabkan flek hitam.
  • Obat
    Obat-obatan dapat menyebabkan flek hitam. Hal ini disebabkan oleh obat-obatan yang dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar matahari, kondisi yang dikenal sebagai fotosensitifitas. Estrogen, Tetrasiklin, Amiodarone, Fenitoin, Fenotiazin, dan Sulfonamida adalah beberapa obat yang diketahui dapat menyebabkan flek hitam.
 
Jika Anda memiliki masalah kulit atau ingin kulit kalian menjadi cantik, Anda bisa kunjungi Surabaya Skin Centre untuk mendapatan perawatan dan penanganan yang tepat bagi kulit Anda
 
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:
> 031-599 9595
> 0822 6122 9595 (WA Only)
Atau bisa langsung kunjungi Surabaya Skin Centre di Jln. Prof. Dr. Moestopo No. 175, Surabaya

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!