Fakta Penting Seputar Lupus

Lupus adalah penyakit yang rumit untuk dipahami. Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel dan jaringannya sendiri atau menyebabkan penyakit autoimun. Jika dibiarkan, banyak bagian tubuh, termasuk organ vital, juga dapat mengalami kerusakan. Anda mungkin mengalami masalah sendi, kulit, ginjal, paru-paru, jantung, dan organ lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami semua informasi tentang penyakit lupus. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui:

Lupus Adalah Penyakit Autoimun

Penyakit lupus adalah salah satu penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian tubuhnya sendiri. Jika dibiarkan, berbagai masalah kesehatan seperti sendi, ginjal, paru-paru, dan lain-lain dapat muncul.

Ada Banyak Variasi Lupus

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa lupus memiliki banyak jenis dan masing-masing memiliki gejala yang berbeda. Systemic lupus erythematosus, lupus yang disebabkan oleh obat, discoid lupus, sub-acute cutaneous lupus erythematosus, dan neonatal lupus adalah beberapa contoh jenis lupus. Dengan mengetahui jenis penyakit, penanganan yang tepat dapat dilakukan.

Sering Menyerang Wanita

Dianggap bahwa wanita lebih rentan terhadap penyakit lupus dibandingkan dengan pria, dengan risiko 10 kali lebih besar pada wanita. Penyakit ini dapat muncul di usia 15 hingga 45 tahun. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini juga dapat menyerang setiap orang di segala usia.

Sulit untuk Diidentifikasi

Perlu dipahami bahwa lupus termasuk salah satu penyakit yang paling sulit untuk didiagnosis. karena tidak ada satu pun individu yang memiliki gejala yang sama. Karena banyaknya perbedaan yang terlihat antara individu yang menderita penyakit yang sama, penyakit ini bahkan disebut sebagai "kepingan salju".

Pengobatan yang Berbeda

Bergantung pada gejala yang dirasakan, ada banyak pilihan pengobatan yang dapat dilakukan. Jika seseorang mengalami gejala alami seperti nyeri sendi, nyeri otot, atau ruam kulit, NSAID dapat diberikan. Sebaliknya, jika masalah terjadi pada organ dalam, obat penekan imun atau kortikosteroid dosis tinggi dapat diberikan.

Lupus Bisa Mirip dengan Penyakit Lain

Perlu dipahami jika lupus dapat menyerupai penyakit lain. Beberapa penyakit yang mirip seperti RA, fibromyalgia, dan penyakit Lyme. Tes darah harus menunjukkan dengan jelas apakah masalah saat ini disebabkan oleh lupus atau kondisi lain. Untuk seorang ahli sekalipun, menemukan diagnosis yang tepat sangat sulit.

Rheumatologis Bisa Mengobati Lupus

Mereka yang menderita lupus harus mendapatkan perawatan dari rheumatologis, yaitu dokter yang menangani arthritis dan penyakit rematik lainnya. Dokter ini mampu mengevaluasi gejala seseorang serta memastikan apakah gejala tersebut benar-benar disebabkan oleh lupus.

Tidak Ada Obatnya

Tidak ada obatnya untuk lupus. Tingkat kematian akibat lupus terus menurun dengan pengobatan saat ini, dan harapan hidup pasien lupus terus meningkat. Ini juga harus disertai dengan gaya hidup sehat.

Jika Anda memiliki masalah kulit atau ingin kulit kalian menjadi cantik, Anda bisa kunjungi Surabaya Skin Centre untuk mendapatan perawatan dan penanganan yang tepat bagi kulit Anda
 
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:
> 031-599 9595
> 0822 6122 9595 (WA Only)
Atau bisa langsung kunjungi Surabaya Skin Centre di Jln. Prof. Dr. Moestopo No. 175, Surabaya

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!