Apa Sajakah Jenis Kulit pada Wajah

Semua orang ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat. Untuk itu, Anda harus memahami terlebih dahulu jenis kulit wajah Anda, karena berbagai jenis kulit memerlukan cara perawatan dan produk perawatan kulit yang berbeda pula.

Setiap orang mempunyai bentuk kulit wajah unik yang berubah seiring bertambahnya usia. Selain itu, faktor keturunan, kelainan tertentu, dan variabel lingkungan, seperti paparan sinar matahari, debu, dan polusi dalam waktu lama, juga dapat memengaruhi jenis kulit wajah.

 

Jenis Kulit Wajah

Berdasarkan ketiga faktor di atas, jenis kulit wajah dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

- Kulit normal di wajah
Jenis kulit ini cenderung memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang sehingga tidak terlalu kering namun juga tidak terlalu berminyak. Kulit wajah jenis ini jarang sekali mengalami masalah kulit, tidak terlalu sensitif, tampak bercahaya, dan pori-pori hampir tidak terlihat. Jenis kulit normal juga lebih mudah perawatannya.

- Kulit kering di wajah
Kulit kering pada wajah disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada lapisan terluar kulit. Hal ini menyebabkan kulit kering pecah-pecah dan timbul retakan pada permukaan kulit. Mereka yang memiliki kulit wajah kering biasanya memiliki pori-pori kulit yang hampir tidak terlihat, permukaan luar kulit tampak kasar dan tidak bernyawa, serta kulit kurang kenyal. Jenis kulit ini juga rentan menjadi lebih merah, gatal, bersisik, dan iritasi.

- Kulit berminyak di wajah
Karena produksi minyak atau sebum yang berlebihan, jenis kulit wajah berminyak menjadi licin dan mengilap. Sebum secara alami dihasilkan oleh kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit. Meski sebum melindungi dan melembabkan wajah, namun sebum yang berlebihan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, menyumbat pori-pori, dan membuat kulit lebih rentan berjerawat. Faktor genetik, perubahan hormonal, dan stres dapat memengaruhi produksi sebum berlebihan.

- Kulit di wajah yang sensitive
Jenis kulit sensitif seringkali sangat sensitif dan rentan terhadap alergi, iritasi, dan ruam akibat beberapa faktor seperti lingkungan, pola makan, atau penggunaan produk kosmetik.

- Kombinasi jenis kulit
Jenis kulit wajah campuran memadukan kulit berminyak dan kering. Jenis kulit wajah ini memiliki ciri-ciri kulit berminyak di zona T yang meliputi dagu, hidung, dan dahi, serta kulit kering di bagian pipi.

 

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!